Minggu, 10 Agustus 2014

Gunung Nglanggeran (gunung api purba)


Saya baru aja baca blog orang tentang perjalanan mereka. Kayaknya seru ya berbagi cerita. Saya jadi pengen nge-share pengalaman saya. Berhubung baru ada niat nge-share sekarang jadi pengalaman saya ini udah lumayan lama. Tentang pendakian pertama saya di Gunung Nglanggeran (Gunung Api Purba) di Gunung Kidul, Wonosari. Ketinggiannya sih hanya 700 mdpl. Tapi cukup menguras tenaga juga untuk mencapai puncaknya.

Saat itu saya bersama teman-teman alumni SMA 4 Magelang yang juga anggota organisasi pramuka. Saya nggak tahu sih kalau Gunung Nglanggeran bisa juga untuk nge-camp. Tujuan utama saya sih cuma untuk wisata. Jadi ya nggak ada persiapan khusus untuk pendakian. Saya hanya mengenakan jeans dan kaos spandek tipis. Alas kaki juga sekadar sandal jepit. Menyesal deh. Padahal trek mendukung banget kalo make sepatu atau sandal gunung.

jeans, kaos spandek, dan sandal jepit
Kami mulai naik siang hari. Pas lagi panas-panasnya. Tapi karena ada beberapa pos pendakian yang berupa gazebo, jadi bisa berteduh di situ. Perjalanan sampai puncak kira-kira dua jam. Itu pun karena banyak istirahat dan foto di sepanjang jalan. Habis keren banget sih. Banyak batuan karst gede-gede. Sayang banget kalau nggak diabadikan.

Tiara kuat angkat batu!

 Perjalanan cukup membuat saya ternganga. Sumpah saya baru pertama melakukan pendakian semacam ini. Manjat-manjat batu. Merayap di bongkahan batu purba. Capek sih capek banget. Tapi tenang, terbayarkan kok ketika tiba di puncak. Sebelum tiba di puncak saya harus mendaki, em lebih tepatnya memanjat batu yang super gede. Kemiringannya sih nggak terlalu ekstrem. Tapi cukup membuat saya berdoa dulu sebelum manjat.


Hampir sampai puncak. Semangat!

 Begitu tiba di puncak saya nggak bisa berkata apa-apa lagi selain kata "WOW!"

Saya bisa melihat pemandangan di bawah yang begitu indah. Semuanya kecil-kecil. Dari atas gunung gini saya jadi sadar sih betapa manusia itu kecil dibandingkan alam. Apalagi dibanding penciptanya. Subhanallah....

Dari sini saya merasa jadi raksasa


hijau!
Begitu puas berfoto di puncak saya dan kawan-kawan langsung turun dan melanjutkan perjalanan kami, menikmati indahnya pantai Ngobaran yang tidak jauh dari Gunung Nglanggeran. Saran aja nih, kalau mau naik agak sorean aja, nikmati sunset di atas gunung itu surga banget!
 
So, guys, Gunung Nglanggeran cocok buat kamu-kamu yang pengen menikmat indahnya lukisan Tuhan. Bisa juga buat latihan naik gunung beneran. Karena jujur saja, setelah berkunjung ke Gunung ini saya jadi haus berkenalan dengan gunung-gunung yang lain. Dan karena Nglanggeran lah saja jatuh cinta pada gunung.

Selamat menikmati alam.
Reccomended? YES!

0 komentar :

Posting Komentar